Custom Search

Tuesday, June 2, 2015

Kuas-untuk-cat minyak-dan-cat Acrylic

Advertisement
Kuas-untuk-cat minyak-dan-cat Acrylic

http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/06/kuas-untuk-cat-minyak-dan-cat-acrylic.htmlPenting sekali mengetahui bagaimana memilih Kuas yang memberikan hasil lukisan yang Teman-teman harapkan, baik itu memakai cat minyak, akrilik ataupun cat air. Tidak ada bagian lain dari peralatan seorang seniman yang lebih penting daripada Kuas yang berkualitas dan responsif. Teman-teman mungkin memiliki kanvas yang bagus, lampu kerja yang sempurna, pigmen cat yang warnanya brilian (sempurna) dan Meja lukis yang kokoh. Tetapi jika Kuas Teman-teman tidak bekerja dengan maksimal, kemungkinan bahwa hasil lukisannya tidak akan sebaik seperti yang diharapkan. dari semua peralatan melukis, Kuas adalah alat yang paling langsung mentransfer ide, sentuhan, perasaan dan imajinasi Teman-teman ke kanvas atau kertas.

Jika Kuas tidak menghasilkan hasil lukisan yang sesuai dengan harapan Teman-teman, akan banyak waktu dan usaha yang akan terbuang percuma begitu saja dan kita kehilangan benang merah dari apa yang dikerjakan dalam proses melukis. Berkutat dengan jenis Kuas apa yang dicari untuk mendapatkan efek yang diinginkan tidak ada gunanya. Sebaiknya, gunakan waktu Teman-teman yang berharga untuk mencari tahu apa jenis, ukuran dan bentuk Kuas yang akan membantu Teman-teman mendapatkan hasil yang diinginkan. dengan banyaknya kualitas dan kuantitas pilihan Kuas yang tersedia sekarang ini, memudahkan kita untuk memilihnya. Yang Kita butuhkan adalah sedikit percobaan. 

Dibawah ini Teman-teman akan menemukan semua langkah yang perlu diambil untuk memilih dan mencari Kuas yang pas untuk digunakan.

Apa yang perlu Kita ketahui tentang Kuas untuk cat minyak dan cat Acrylic ?
Bila Teman-teman memasuki toko peralatan seni, ada dua hal penting yang harus dipertimbangkan untuk memilih Kuas yang Teman-teman butuhkan. Pertama, Teman-teman harus menentukan jenis apa atau bentuk Kuas bagaimana yang dicari. Bentuk Kuas dapat bervariasi dari datar (flat) dan round (round) sampai bentuk kipas (fan), Filbert dan banyak lagi. Selanjutnya Teman-teman harus memutuskan apa serat bulu kuasnya (alami atau sintetis) yang Teman-teman inginkan.
Kuas terbaik dan berserat alami biasanya dari bulu babi, yang sudah menjadi favorit pelukis minyak dan akrilik dari dulu. (Sementara kuas pilihan populer lainnya termasuk bulu musang, unta, sable dll.) Kuas serat alami yang terbaik adalah buatan tangan, yang berarti bulu yang cocok dan ditempatkan dengan kurva alami berputar ke dalam. Penempatan ini akan mencegah sisi Kuas dari melebar keluar (splaying).
Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi sudah bisa meningkatkan kualitas kuas sintetis. bulu buatan dari polyester misalnya, diproduksi dengan berbagai diameter dan kepegasan yang dapat menampung cat minyak dan akrilik dengan konsisten dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Melakukan uji coba
Sayangnya, tidak ada jalan pintas yang dapat Teman-teman ambil untuk memutuskan mana Kuas yang tepat untuk digunakan, Sederhananya Kita harus mencoba banyak kuas yang berbeda untuk menentukan Kuas yang terbaik dan cocok dengan gaya lukisan Teman-teman.
Untuk memulai proses seleksi ini, saya sarankan tinggalkan jauh-jauh Kuas khusus untuk saat ini. Sebaliknya, pilih satu atau dua dari bentuk Kuas paling populer untuk dicoba, seperti kuas datar (flat), bright atau Filbert. (Pada titik tertentu, Teman-teman juga akan perlu bereksperimen dengan pilihan serat.) Kemudian cobalah melukis dengan kuas-kuas itu. Temukan berapa banyak lukisan yang bisa dihasilkan oleh Kuas-kuas itu, Benar-benar bereksperimen dengan itu dan belajar untuk menguasai sifat-sifatnya. Kebanyakan seniman menggunakan satu kuas untuk sebagian besar kebutuhan mereka.

Kuas-kuas Dasar
Berikut adalah ikhtisar singkat dari kuas yang paling populer digunakan untuk melukis dalam cat minyak dan akrilik, bersama-sama dengan deskripsinya :

Flat: Kuas serbaguna ini memiliki bulu panjang yang lurus, garis tajam. mampu memuat banyak cat dan menciptakan goresan panjang, juga memungkinkan untuk membuat garis tipis dan tajam. Teman-teman dapat belajar untuk menggunakan flat dengan membuat sapuan panjang dikanvas, dengan menekan seluruh permukaan kuas. Kemudian cobalah membuat hanya garis tepi kuas untuk melihat garis-garis tajam dan detail yang dapat diciptakan dengan kuas itu.

Bright: Kuas ini sangat mirip dengan Kuas flat, kecuali bulu yang lebih pendek (yang berarti kuas ini hanya mampu memuat cat kurang dari kuas flat), juga menambahkan pegas sekaligus kontrol dan tekanan yang lebih untuk goresan daripada kuas flat. Secara keseluruhan kuas ini kurang bagus untuk pemula yang sedang belajar. para Seniman beraliran kontemporer, impresionis, abstrak yang melukis menggunakan goresan cat staccato (menumpuk cat) sering memilih kuas bright ini.

Filbert: Kuas ini berbentuk datar dengan ujung oval. Ini adalah kuas serbaguna karena dapat digunakan seperti flat atau berbalik tegak lurus ke permukaan dan digunakan seperti putaran. Plus ujungnya dapat digunakan untuk membuat rincian halus.

Kuas Khusus
Ada saat-saat ketika Teman-teman mungkin perlu Kuas yang lebih khusus untuk mendapatkan efek tertentu yang dicari.

Berikut adalah beberapa pilihan Kuas untuk dicoba:
Fan: Kuas ini berbentuk seperti namanya kipas dengan lapisan tipis bulu menyebar di busur. Kuas Fan tidak memuat banyak cat, tapi Kuas ini bagus untuk digunakan jika Teman-teman perlu untuk mancampurkan warna, melembutkan tepi, memperoleh efek licin atau permukaan lukisan yang lunak.

Round: Meskipun ada `yang masih menggunakan Kuas round dalam lukisan cat minyak, itu menjadi pilihan yang kurang populer bagi banyak pelukis. Saya memiliki beberapa Kuas round kecil yang saya gunakan untuk pekerjaan sangat rinci.

Terakhir, simpanlah beberapa Kuas rusak/bekas untuk digunakan membuat tekstur tertentu, seperti untuk menggosok cat untuk memperlihatkan dasar kanvas atau membuat garis halus rambut (dengan memotong dan membentuk ujung kuas dengan gunting).

Belilah Kuas yang Berkualitas
Rekomendasi akhir saya kepada Teman-teman ketika membeli kuas adalah untuk tidak berhemat pada kualitas, Belilah Kuas yang terbaik dan merawatnya. Ketika Kuas sudah tidak bisa lagi memberikan efek yang diharapkan, ganti dengan yang baru.
melukis bukanlah pekerjaan yang dilakukan setiap hari, maka rawatlah kuasnya baik-baik. Sebuah kuas yang baik dan dirawat dengan benar akan bertahan bentuknya, responsif dan memberikan kinerja yang kita harapkan.