Custom Search

Friday, January 23, 2015

Alat Untuk Melukis - Acrylic - Belajar Melukis Naturalisme

Advertisement
Apakah cat acrylic itu ?

Cat acrylic adalah media lukis baru yang masuk kepasar selama berabad-abad. Diperkenalkan pada sekitar tahun 1962, cat acrylic sama
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.html
fleksibelnya seperti cat air, dapat dipoleskan tebal-tebal seperti cat minyak, atau dipoleskan transparan seperti cat air. bisa diterapkan untuk hampir semua permukaan bahan melukis apakah itu kertas, kain panel, papan karton atau kanvas. Sifat utamanya adalah bahwa cat acrylic keringnya cepat, ideal bagi mereka yang bekerja dengan kecepatan tinggi yang ingin melihat lukisannya selesai dalam waktu setengah jam. tetapi ada beberapa pelukis yang berpendapat acrylic kurang bagus karena terlalu cepat kering, jangan khawatir kecepatan pengeringan dapat diakali/diperlambat dengan retarder (zat pelambat pengeringan), yang banyak tersedia di toko toko yang menjual peralatan melukis dan semua Jenis bahan tambahan seperti Primer, Varnish, pasta tekstur dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para pelukis yang beragam karakter.
Benarkah Van Gogh menggunakan cat acrylic? 

itu telah dibuktikan dengan beberapa penelitian tentang lukisannya oleh beberapa grup pelukis yang melakukan penelitian khusus tentang seniman Van Gogh, mereka menduga Van Gogh pernah memakai cat acrylic disebagian lukisannya.

Cat acrylic mengering dengan sangat cepat, ada beberapa pelukis berpendapat dan menganggap bahwa melukis dengan cepat sangat bagus dan profesional, sebagian pelukis lainnya tidak setuju dengan pendapat itu, Bagi saya pribadi yang pernah mencoba media acrylic dan cat minyak kalau boleh berpendapat disini "cat acrylic mempercepat waktu melukis saya dan itu saya lakukan ketika dikejar dead line dari pemesan lukisan yang ingin lukisannya selesai cepat, hasil lukisan akan sama bagusnya dengan cat minyak ( bisa teman teman lihat pada hasil lukisan saya "Family" sekumpulan
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.html
angsa Kanada yang saya lukis menggunakan cat acrylic ) tapi nilai keunikan dan kecantikan lukisan akan hilang dibandingkan dengan cat minyak yang berkesan antik dan mempunyai aura tersendiri.
Cat acrylic bisa dicampur dengan beberapa media lain untuk menciptakan suatu lukisan yang benar benar baru, dan cat acrylic juga sifatnya hampir permanen (tahan lama).
Pada cat minyak, diberi tanda pada tabung yang menunjukkan tingkat kepermanenannya (tingkat ketahanan catnya), Teman teman boleh cukup meyakini juga bahwa akrilik bisa bertahan lama seperti cat minyak asal lukisannya dipelihara dan dirawat dengan baik.
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.html
Apa saja Peralatan dan Bahan bahan pelengkap yang kita perlukan untuk melukis dengan acrylic ini?
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlCat Acrylic
Tersedia dalam tube atau wadah yang cukup besar, karena cat acrylic sering digunakan dalam jumlah yang banyak dan karena rentang waktu proses pengeringan yang sangat singkat sehingga saya pribadi sering membuang sebagian cat yang mengering. Karena itu jangan lupa untuk selalu menutup rapat bagian atas wadahnya.

Mediums glosses
Bisa dipakai sebagai alternatif kalau mau, tidak juga tidak apa apa. medium
ini memberikan tekstur berkilau. Dicampur dengan air seperti acrylic.

Retarder (memperlambat proses pengeringan)
Medium (bahan)ini digunakan untuk memperlambat proses  pengeringan, Untuk pengguna cat acrylic, penambahan retarder merupakan alat bantuan yang berguna sekali selain menunda pengeringan juga mampu secara konsisten menempelkan lapisan demi lapisan dalam hitungan menit. Cat acrylic akan berkesan buram bila digunakan terlalu tebal, dan menutupi lapisan yang telah dikerjakan sebelumnya, kecuali kalau diencerkan dengan air dan dipoleskan tipis tipis seperti pada pemakaian cat air.
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlTexture Paste (pasta tekstur)
Seperti artinya medium ini adalah Pigmen tebal , medium ini digunakan untuk membuat tekstur tebal seperti pada lukisan abstrak dan pilihannya kembali kepada selera teman teman.

Primer (cat lapisan dasar)
ini adalah cat putih tebal (mirip cat lapisan dasar untuk mengecat dinding rumah) digunakan untuk melapisi permukaan medium lukisan agar tidak banyak menyerap cat Acrylic,(metode ini diterapkan kalau ingin menghemat cat acrylic).


http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.html
Varnish (pernis)
Seperti teman teman ketahui pernis adalah medium untuk melindungi lukisan kita dari debu dan kotoran.
Pernis acrylic berbentuk bahan seperti susu kental , dan ketika digunakan memiliki efek sepenuhnya menutupi permukaan lukisan, ketika mengering dasar lukisan akan terlihat transparan.
"Tidak ada alasan dan penjelasan yang jelas mengapa pernis tradisional seperti yang digunakan dalam lukisan cat minyak tidak dapat digunakan pada lukisan acrylic?" 


http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlKuas
Kuas nilon yang sangat dianjurkan untuk melukis dengan media acrylic. banyak pelukis yang meninggalkan cat acrylic, karena sering merusak kuas (cat mengering cepat di kuas).
Cat akrilik mengering cepat tidak hanya pada lukisan, tetapi pada kuas, dan hanya spirtus yang bisa membersihkannya. tips agar cat tidak merusak kuas sangat sederhana sebenarnya, Selalu merendam kuas dalam air, bulu kuas jangan menghadap kedasar wadah tapi cukup dibaringkan dan terendam diwadahnya atau ada pula perendam kuas yang memakai jepitan yang fungsinya sama agar bulu kuas tidak rusak karena terus menekan kebawah. Sikat nilon akan bertahan lama bertahun-tahun jika tips penyimpanan kuas ini diterapkan.
Gunakan koleksi kuas yang lengkap dari ukuran kuas yang sangat besar sampai yang paling kecil. 


http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlPalette Knives (Pisau palet)
Pisau palet tersedia dalam beberapa ukuran, dan berguna dalam melukis dengan cat acrylic. Jangan biarkan cat kering pada baja pisau, karena meskipun dapat dikerik tetap bisa merusak baja tipis pisau paletnya. Cat acrylic bagus untuk melukis dengan menggunakan pisau palet karena tidak kotor/berantakan dan cairan tidak menciprat kemana mana


http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlPalettes and Mixing Trays (wadah campuran warna)
Di toko alat lukisan ada yang disebut Staywet(tetap lembab) Palette, cocok untuk acrylic seperti namanya tetap basah dan bisa memperlambat penggumpalan cat. Perlu dicatat bahwa semakin besar gumpalan cat di baki atau pada palet biasanya semakin lama waktu yang dibutuhkan cat untuk menjadi kering. Dalam penggunaan normal, cat acrylic tidak akan kering pada palet sebelum digunakan, dan jika ragu-ragu tambahkan air untuk Tetap lembab. Ketika cat acrylic mulai mengering pada palet, akan membentuk kerak. Cat masih bisa digunakan jika kerak ini belum kering sekali (sudah semalaman dibiarkan),tusuk bagian dalamnya dengan lembut memakai ujung pisau palet.

http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.html
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlKertas & Media Lukis
Hampir semua jenis kertas lukis bisa dipakai untuk media lukisan cat acrylic, tapi kertas cartridgelah yang terbaik, bagi mereka yang ingin melukis secara halus, pakailah kertas mounting board/white card, Jika Anda melukis dengan cat acrylic yang cukup tebal, kertas cat air/watercolor pilihan yang tepat karena serat permukaannya kasar dan bisa menyangga cat lebih banyak tapi harganya lebih mahal.
Karena beratnya cat, kertas tipis dan kertas media lukis lainnya tidak benar-benar dianjurkan untuk dilukis dengan gaya cat bertumpuk terlalu tebal. Kanvaslah yang sangat cocok untuk itu, tapi tetap saja jangan menumpukkan cat terlalu tebal.
 
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlEasel (meja/kuda kuda penyangga media lukis)
Walaupun tidak mutlak diperlukan setiap waktu, perlu juga kita miliki agar tidak bosan dan pegal dengan melukis dalam posisi duduk terus (selain kelihatan keren dan percaya diri).
Pensil biasa dan pensil arang (charcoal)
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlDipergunakan untuk membuat sketsa gambar awal, beberapa pelukis yang sudah mahir tidak memerlukan sketsa awal dengan bahan pensil atau sejenisnya mereka langsung membuat sketsa sekaligus melukis dengan cat itu langsung. (pengalaman pribadi saya "saya langsung melukis tanpa sketsa untuk lukisan seperti pemandangan, bunga dan lukisan lukisan yang mudah, tetapi untuk melukis potret ataupun hewan hewan saya skets dulu karena rumitnya alur kulit dan otot manusia dan bulu bulu binatang, walaupun dalam prakteknya sketsa saya akan tertutup juga dengan cat dan tetap harus berkutat untuk mencari lagi jejak alur skets yang asli dengan menggunakan cat langsung tapi paling tidak kita tidak melakukan kesalahan yang melebar kemana mana kalau kita menggunakan sketsa dengan pensil dan sejenisnya).
Karena kemampuan cat acrylic untuk menutupi dasar lukisan (baik latar ataupun sketsa)maka media apapun yang digunakan untuk membuat coretan/sketsa awal tidak menjadi masalah (kecuali jika teman teman melukis dengan gaya tipis).


http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlWater Container (Wadah air)
Tidak kurang dari tiga wadah yang dibutuhkan, satu wadah air bersih untuk mencelupkan bekas kuas yang sedang tidak dipakai, satu untuk wadah air pembilas kuas , dan satu untuk membilas semua kuas dalam proses perubahan warna. baki kuas yang ada jepitannya ketika kuas tidak sedang digunakan (diperlukan ketika kita melukis tidak dikejar waktu), tetapi jika teman teman ditunggu pemesan lukisan akan lebih mudah jika kuas langsung direndam dalam wadah air bersih supaya mudah dijangkau dengan cepat. 

masking Tape (selotip)
http://belajar-melukis-lukisan-naturalisme.blogspot.com/2015/01/alat-untuk-melukis-acrylic-belajar.htmlBerguna untuk menempelkan kertas ke papan gambar gantinya pin/paku payung yang melubangi kertas, dan juga berguna ketika melukis garis lurus (selotip ditempelkan didaerah yang akan dibuat garis lurus, dan kemudian copot ketika cat telah disapukan diatas permukaannya,lepaskan selotip dengan hati hati menggunakan lap basah diujungnya diangkat pelan pelan supaya kertas tidak sobek - dan lihatlah garis lurus yang kita inginkan sudah terbentuk).

Penutup
  • Semua bahan yang dibahas diatas adalah opsi tambahan tergantung pada apa yang teman teman akan lukis dan sukai.
  • kalau memang perlu sekali bagi teman teman untuk memakai meja lukis dan kertas atau bahan lainnya,... pakailah.
  • Jangan takut untuk berimprovisasi dan bereksperimen dengan semua bahan media lukisan.
  • Suatu saat teman teman akan menemukan perasaan nyaman dengan jenis cat, kuas,bahan lukisan tertentu itu berarti teman teman telah menemukan jati diri sebagai seorang pelukis.tetapi karena bahan cat juga update terus seperti gadget, maka pasti suatu saat akan keluar dipasaran media lukisan baru yang kita penasaran ingin mencobanya. seperti saya pribadi yang sudah merasa nyaman dengan 2 jenis media lukis ( cat minyak dan acrylic diatas canvas) terus saja balik lagi kesana walupun sudah mencoba berbagai media.
  • kalau boleh saya buka kartu disini, ketika saya melukis dengan media acrylic, saya tidak banyak memakai perlengkapan penunjang lainnya hanya : Cat acrylic, Canvas, Kuas, Wadah campuran cat, Lap pengering kuas dan wadah pencuci kuas  (kadang kadang memakai meja lukis tapi jarang - lebih senang melukis duduk dilantai kayu Gazebo saya) terakhir setelah lukisan benar benar kering biasanya 2-3 hari kadang2 setelah seminggu baru saya tutup dengan pernis.
"Selamat berlatih dan Berkarya Teman teman Seniman semuanya, - semoga menjadi pelukis yang sukses dan berkarakter, Amin..."